Transformasi Digital UMKM dalam Mendukung Percepatan Pemulihan Pasca Pandemi Covid-19.

Perkembangan teknologi digital semakin pesat, khususnya semenjak pandemi Covid-19 melanda. Hal ini turut mendorong perilaku dan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja daring. Tak heran, platform perdagangan elektronik menjadi laris manis sebagai pilihan masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi.

Disisi lain, peran UMKM dalam pemulihan ekonomi nasional sangatlah besar. Saat ini, terdapat 64,2 juta UMKM yang berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB Indonesia. Dari sisi tenaga kerja, UMKM juga mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja di negara ini atau sekitar 119,6 juta orang. Meski demikian, baru sekitar 17,5 juta pelaku UMKM yang masuk ke ekosistem digital dan memanfaatkan e-commerce.

Fenomena tersebut, secara tidak langsung menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 telah mempercepat transisi menuju ekonomi digital, maka dari itu UMKM perlu mengikuti arus ini untuk dapat bertahan dan berkembang di masa depan. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat Sobat Digi lakukan untuk meningkatkan digitalisasi UMKM pasca pandemi COVID-19 :

  1. Membangun kehadiran online

Sebagai penggerak UMKM, Sobat Digi harus membangun kehadiran online di dunia maya, seperti situs web atau media sosia. Hal ini berguna untuk memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan visibilitas merek Sobat di internet. Dengan menggunakan platform online, Sobat dapat mempromosikan produk atau jasa UMKM secara lebih efektif, sekaligus mampu berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan secara langsung melalui kanal digital.

  1. Mengoptimalkan SEO dan pemasaran digital

Sebagai penggiat UMKM, Sobat Digi perlu menggunakan teknik pemasaran digital seperti optimasi mesin pencari (SEO), iklan Google Ads, dan media sosial untuk meningkatkan kehadiran online dan menarik lebih banyak pelanggan. UMKM juga dapat bekerja sama dengan influencer digital untuk meningkatkan kesadaran merek dan membantu meningkatkan penjualan.

  1. Menggunakan platform e-commerce

Platform e-commerce dapat membantu merek UMKM Sobat Digi dalam meningkatkan penjualan dengan menyediakan infrastruktur online yang aman dan terpercaya. Jangkauan pasar yang dapat diraih pun akan jauh lebih besar. Sebagai penggerak UMKM, Sobat Digi dapat menggunakan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada untuk menjual produk secara online. Hal ini tentu sangat berguna bagi Sobat, selain penggunaannya yang cukup mudah, biaya operasional yang dikeluarkan pun cukup sedikit. Kelebihan lainnya, dengan platform e-commerce Sobat mampu meningkat pangsa pasar dan omset penjualanan secara signifikan. 

  1. Meningkatkan kualitas dan inovasi produk

Setelah mengoptimalkan platform e-commerce, Sobat Digi juga perlu meningkatkan kualitas SDM dan inovasi terhadap produk atau jasa yang Sobat tawarkan. Dalam hal ini, UMKM harus terus meningkatkan kualitas dan inovasi produk mereka agar tetap relevan dan kompetitif di pasar digital. UMKM juga harus memahami tren pasar dan kebutuhan pelanggan untuk menciptakan produk yang lebih baik dan inovatif.

  1. Menggunakan teknologi digital

Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang dihasilkan pun ikut berkembang pesat. Satu teknologi yang saat ini sedang happening adalah cloud computing, artificial intelligence (AI), dan big data. Sobat Digi juga dapat mengadopsi teknologi digital ini dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis UMKM. Teknologi ini tentu dapat membantu UMKM mengelola inventaris, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan.

Baca Juga: Membuat Website Tanpa Coding

  1. Melakukan pelatihan dan pengembangan SDM

Salah satu poin penting yang harus Sobat Digi lakukan adalah melatih Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdiri dari karyawan dan pengusaha untuk menggunakan teknologi digital dan memahami tren pasar yang berkaitan dengan digitalisasi. Sobat Digi juga dapat mengadakan seminar dan pelatihan untuk membantu mereka memahami cara mengelola bisnis online dengan lebih efektif dan efisien. Hal ini tentu dapat berdampak baik bagi perkembangan dan sustainabilitas UMKM yang Sobat Digi bangun.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Sobat Digi dapat meningkatkan kehadiran online UMKM, meningkatkan penjualan, pangsa pasar, serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis. Apabila step-step tersebut dirasa sulit dan membingungkan, Sobat Digi tidak perlu khawatir. Digiclub Indonesia hadir sebagai platform yang mampu membimbing dan memberikan berbagai solusi dari permasalahan digital yang dihadapi para penggerak UMKM. Info lebih lanjut hubungi : 082177897598 atau kontak admin melalui tombol dibawah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top